Friday, December 3, 2010

0 Fakta Menarik Tentang Semut

1. Seperti semua serangga, semut memiliki enam kaki. Setiap kaki memiliki tiga sendi. Kaki semut sangat kuat sehingga mereka dapat berjalan dengan sangat cepat. Jika seorang pria bisa berlari secepat untuk ukuran tubuhnya seperti semut, dia bisa berlari secepat kuda pacu. Semut bisa mengangkat 20 kali berat badan mereka sendiri. Otak semut memiliki sekitar 250 000 sel otak. Sebuah otak manusia memiliki 10.000 juta sehingga 40.000 koloni semut secara kolektif memiliki sel otak yang sama sebagai manusia.
2. Harapan hidup rata-rata semut adalah 45-60 hari. Semut menggunakan antena mereka tidak hanya untuk menyentuh, tetapi juga untuk rasa penciuman. Kepala semut memiliki sepasang besar, rahang kuat. Rahang membuka dan menutup menyamping seperti sepasang gunting. Semut dewasa tidak bisa mengunyah dan menelan makanan padat. Sebaliknya mereka menelan jus yang mereka peras dari potongan makanan. Mereka membuang bagian kering yang tersisa. Semut memiliki dua mata, setiap mata terbuat dari mata yang lebih kecil.
3. Mata kecil itu disebut mata majemuk. Perut semut mengandung dua perut. Satu perut memegang makanan sendiri dan perut kedua adalah untuk makanan untuk dibagikan dengan semut lainnya. Seperti semua serangga, bagian luar tubuh mereka ditutupi dengan armor yang keras, ini disebut exoskeleton ini. Semut memiliki empat tahap tumbuh yang berbeda, telur, larva, pupa dan dewasa. Para ahli biologi mengklasifikasikan semut sebagai kelompok khusus tawon. (Hymenoptera Formicidae) Ada lebih dari 10.000 spesies semut. Setiap koloni semut memiliki setidaknya satu atau lebih ratu.
4. Tugas ratu adalah bertelur semut pekerja yang merawat. Pekerja semut steril, mereka mencari makanan, menjaga yang lebih muda, dan mempertahankan sarang dari pengunjung yang tidak diinginkan. Semut adalah serangga bersih dan rapi. Beberapa semut pekerja yang diberi tugas untuk mengambil sampah dari sarang dan meletakkannya di luar tempat pembuangan sampah khusus! Setiap koloni semut memiliki bau sendiri. Dengan cara ini, penyusup dapat diakui segera. Banyak semut seperti jenis semut merah pada umumnya memiliki sengatan yang mereka gunakan untuk mempertahankan sarang mereka.
5. Semut hitam dan semut kayu pada umumnya tidak punya sengatan, tetapi mereka dapat menyemprotkan semprotan asam formiat. Beberapa burung menempatkan semut pada bulu mereka karena semut menyemprotkan asam formiat yang menghilangkan parasit. Semut Pembuat-Budak (Polyergus rufescens) melakukan penggerebekan sarang semut lain dan mencuri pupa mereka. Ketika semut yang baru menetas, mereka bekerja sebagai budak dalam koloni. Semut pekerja menjaga telur dan larva dalam kelompok-kelompok yang berbeda sesuai dengan usia.
6. Pada malam hari, semut pekerja memindahkan telur dan larva jauh ke dalam sarang untuk melindungi mereka dari kedinginan. Selama siang hari, semut pekerja memindahkan telur dan larva dari koloni ke bagian atas sarang sehingga mereka dapat menjadi lebih hangat. Jika semut pekerja telah menemukan sumber yang baik untuk makanan, ia meninggalkan jejak bau agar semut lain di dalam koloni dapat menemukan makanan. Tentara Semut nomaden dan mereka selalu bergerak. Mereka membawa larva dan telur mereka dengan mereka dalam kolom yang panjang.
7. Semut Angkatan Darat (Ecitron Burchelli) dari Amerika Selatan, dapat memiliki sebanyak 700.000 anggota dalam koloninya. Semut Pemotong Daun adalah petani. Mereka memotong lembar daun yang mereka ambil lalu membawanya kembali ke sarang mereka. Mereka mengunyahnya menjadi bubur dan jamur khusus menumbuhkannya. Semut tidak dapat mencerna daun karena mereka tidak dapat mencerna selulosa. Banyak orang berpikir semut adalah hama.

0 comments:

Post a Comment